Senin, 28 Maret 2011

Sejarah Web

Web adalah suatu informasi secara global, dimana kita dapat membaca dan menulis melalui komputer yang terkoneksi dengan internet, istilah ini sering disalah artikan sebagai sinonim dari internet, padahal Web merupakan pelayanan yang beroperasi dengan Internet. disekitar tahun 80-an ilmuwan inggris Tim Berners lee membangun sebuah personal database dan software model yg disebut dengan Enquire. disekitar tahun 90, Berners menciptakan tools-tools yang dibutuhkan untuk menjalankan web, seperti HTTP 0.9, HTML, Web Browser, HTTP server, Web server dan halaman page.

Hypertext community merupakan suatu komunitas orang-orang yang menggeluti tentang berbagai aspek dari Hypertext, dimana terdiri dari tiga group penulis, design, dan orang yang ahli teori dalam Hypertext.
Internet history terdapat DARPA, IP/TCP, FTP, WAIS dan GOPHER, dimana DARPA adalah merupakan suatu isitilah yang biasa digunakan untuk ARPANET, ARPANET sendiri merupakan jaringan dasar dari internet, ARPA merupakan pengembangan awal jaringan paket switch dini yang biasa disebut dengan ARPANET yang kemudian diubah namanya menjadi DARPA(Defence Advanced Research Project Agency) pada tahun 1971.
IP(Internet Protocol) merupakan metode atau suatu protokol dimana data yang kita kirim dari komputer ke komputer lain melalui internet, masing-masing komputer disebut host yang setdaknya mempunyai IP address yang secara unik mengidendifikasikan dari semua komputer diinternet.
TCP merupakan sekumpulan peraturan atau protokol yang digunakan oleh Internet Protokol untuk mengirimkan data dalam bentuk unit-unit pesan melalui Internet.
WAIS merupakan Internet sistem yang berspesialisasi subjek database yang dibuat di multiple server location.
Gopher merupakan aplikasi internet yang secara bertingkat mengatur text file yang mungkin dibawa dari seluruh server untuk dilihat di komputer.
W3C(World Wide Web Consortium) merupakan Industri bisnis yang ingin mempromosikan standar evolusi dari web, pada tahun 1994 W3C didirikan dengan dukungan dari beberapa institusi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar