Senin, 11 April 2011

Analysing the Web-graph theory

Graph Theory
AGNA (Applied Graph & Network Analysis) adalah aplikasi yang didesain untuk mengerjakan metode matematika yang bersifat khusus, seperti analisis jaringan sosial, sosiometri, dan analisis sekuensial. AGNA menggunakan platform java sehingga bisa beroperasi di sistem operasi yang berbeda. Prinsip kerja AGNA didasarkan pada Graph Theory (node, edge, dan lain-lain).
Untuk menjalankan program AGNA dapat dilakukan dengan double klik pada file Agna_2_1.jar (executable jar-file) atau Agna_2_1.exe. Contoh tampilan dari AGNA adalah sebagai berikut:

Untuk mengubah nama node dapat dilakukan dengan mengklik node-nya kemudian ubah nama sesuai dengan yang diinginkan. Nilai-nilai yang diisikan dalam kolom-kolom menggambarkan hubungan/jarak antara satu node dengan node lainnya. Sebagai contoh jika node itu adalah sebuah kota, nilai yang diisikan bisa berarti jarak antara dua kota tersebut.
Contoh network pada postingan ini mengambil dari hubungan antarmahasiswa Sistem Informasi kelas B Tahun Ajaran 2009/2010 pada saat mengerjakan homework assignment 4 (HA.04). Network ini menggambarkan kerja sama yang dilakukan oleh mahasiswa baik itu diskusi, mencontek, memberikan contekan, dan lain-lain (di sini tidak terlihat perbedaannya karena edge/garisnya berwarna sama).

Untuk menganalisis network di atas, AGNA sudah menyediakan menunya, yaitu pada tab analisis. Di situ terdapat empat macam analisis, yaitu basic descriptions, distance, sociometric, dan centrality. Basic description menggambarkan informasi secara umum suatu network yang meliputi tipe jaringan, tipe data, jumlah node dan jumlah edge-nya. Sebagai contoh, pada network matdis HA.04 di atas tipe jaringannya adalah directed, tipe data binary, terdapat 65 node dan 95 edge.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar