Minggu, 10 April 2011

HTTP

“Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks, yang kemudian membentuk World Wide Web pada tahun 1990 oleh fisikawan Inggris, Tim Berners-Lee. Hingga kini, ada dua versi mayor dari protokol HTTP, yakni HTTP/1.0 yang menggunakan koneksi terpisah untuk setiap dokumen, dan HTTP/1.1 yang dapat menggunakan koneksi yang sama untuk melakukan transaksi. Dengan demikian, HTTP/1.1 bisa lebih cepat karena memang tidak usah membuang waktu untuk pembuatan koneksi berulang-ulang.” >> dari id.wikipedia.org
kalo yang bahasa inggrisnya siih :
“The Hypertext Transfer Protocol (HTTP) is a networking protocol for distributed, collaborative, hypermedia information systems.[1] HTTP is the foundation of data communication for the World Wide Web.
The standards development of HTTP has been coordinated by the Internet Engineering Task Force (IETF) and the World Wide Web Consortium (W3C), culminating in the publication of a series of Requests for Comments (RFCs), most notably RFC 2616 (June 1999), which defines HTTP/1.1, the version of HTTP in common use.”
singkatnya http ini adalah sebuah protokol ya namnaya protokol pastilah sebagai suatu penghubung penghubung untuk transaksi dari client ke server ato sebaliknya port yang di pakai adlah port 80 naah kita bayangkan web browser kalian itu sebagai client Seorang klien sering disebut sebagai user agent (UA). dan ada suatu komputer yang menjadi web servernya naah ketika kita menuliskan http :// google.com atau melakuakn permintaan maka si browser yang dianggap client itu akan menanyakan namanya si “google.com” melalui protokol http ini naah server yang mendengar protokol http ini akan merespon dimana si google.com dan melakukan perintah sesuai permintaan si browser itu ketika sudah ketemu maka si server akan mengembalikanya lagi ke client berupa data yang nantinya di baca oleh si browser lalu tampil deh google.com di browser kita wooooww amaziing :D :D heheh ya begitulah kira kira perinsip kerjanya yang saya simpulkan dari wikipedia.org kalau kurang tepat mohon maaf ,mohon di koreksi .
Ada beberapa operasi HTTP yang tesalah satu contohnya adalah GET dan POST. Operasi GET digunakan untuk meminta sumber dari server. Operasi POST digunakan untuk mengirim informasi ke sumber yang ada di server. Server akan merespon dengan header HTTP yang diikuti dengan bagian data. Pada kasus operasi pemberian GET, respon dari server akan berisi sumber yang diminta klien. Jika server menerima operasi POST, server akan melewatkan data yang ada pada operasi POST ke sumber yang dapat dieksekusi. Setelah server menerima kembali hasil dari sumber tersebut, server akan memasukkan hasil tersebut ke HTTP respon yang dikirim kembali ke klien.
sejarah singkat dari http :
Protokol HTTP pertama kali dipergunakan dalam www pada tahun 1990. Pada saat tersebut yang dipakai adalah protokol HTTP versi 0.9. Versi 0.9 ini adalah protokol transfer dokumen secara mentah, maksudnya adalah data dokumen dikirim sesuai dengan isi dari dokumen tersebut tanpa memandang tipe dari dokumen.
Kemudian pada tahun 1996 protokol HTTP diperbaiki menjadi HTTP versi 1.0. Perubahan ini untuk mengakomodasi tipe-tipe dokumen yang hendak dikirim beserta enkoding yang dipergunakan dalam pengiriman data dokumen.
Sesuai dengan perkembangan infrastruktur internet maka pada tahun dikeluarkan HTTP versi 1.1 untuk mengakomodasi 1999 proxy, cache dan koneksi yang persisten.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar