Senin, 11 April 2011

Systems theory

Dalam Disiplin Kelima, penulis Peter Senge rincian lima karakteristik yang terdiri dari apa yang ia sebut "organisasi pembelajaran"-dengan kata lain, sebuah organisasi yang memupuk lingkungan belajar yang efektif. Lima ciri organisasi belajar adalah:

1. Sistem Berpikir-Senge mendefinisikan ini sebagai meneliti pola-pola yang menghubungkan sistem yang lebih besar. Semacam ini berpikir intuitif. Bahkan, anak-anak mengambilnya hampir seketika.

2. Penguasaan Pribadi-Kunci untuk ciri ini adalah untuk terus memperjelas dan memperdalam visi pribadi kita, fokus energi kita, mengembangkan kesabaran, dan melihat realitas objektif.

3. Shared Visi-ini terjadi ketika sebuah kelompok kolektif mengembangkan "gambaran masa depan." Adalah Kesamaan visi jumlah dari visi pribadi dari semua individu yang berpartisipasi. Ini bukan sesuatu yang seseorang dapat belajar dengan cara menghafal, melainkan, itu berasal dari keyakinan mendalam.

4. Tim Belajar-Kelompok IQ lebih tinggi daripada individu. Sama seperti dalam sistem yang kompleks, hasil tak terduga yang lebih besar daripada jumlah bagian-bagiannya mereka akan muncul. Namun, orang harus berkomunikasi satu sama lain bagi tim belajar berlaku.

5. Mental Model-Senge membuktikan bahwa kita terus-menerus harus mempertanyakan asumsi tertanam, generalisasi, dan persepsi yang mempengaruhi bagaimana kita memahami dan bereaksi terhadap dunia. Setelah kita memahami bias kita, kita dapat mulai untuk memeriksa dan mendeskonstruksi mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar