Senin, 11 April 2011

Internet history - DARPA, IP, TCP, FTP, WAIS, GOPHER

Sebelum menyebar luas internetworking (802,1) yang mengarah ke Internet, jaringan komunikasi sebagian besar dibatasi oleh sifatnya hanya memungkinkan komunikasi antara stasiun di jaringan lokal dan metode umum jaringan komputer didasarkan pada model komputer mainframe pusat. Beberapa program penelitian mulai mengeksplorasi dan mengartikulasikan prinsip-prinsip fisik jaringan antara jaringan yang terpisah, yang mengarah ke pengembangan paket switching model jaringan digital. Upaya-upaya penelitian termasuk orang-orang dari laboratorium Donald Davies (NPL), Paul Baran (RAND Corporation), dan Leonard Kleinrock di MIT dan di UCLA. Penelitian ini menyebabkan perkembangan beberapa jaringan paket-switched solusi di akhir 1960-an dan 1970-an, termasuk ARPANET dan protokol X.25. Selain itu, akses publik dan sistem jaringan tumbuh hobi populer, termasuk salinan unix-to-unix (UUCP) dan FidoNet. Namun mereka masih terputus-putus jaringan yang terpisah, hanya dilayani oleh gateway terbatas antara jaringan. Hal ini menyebabkan penerapan paket switching untuk mengembangkan protokol untuk internetworking, di mana beberapa jaringan yang berbeda dapat bergabung bersama dalam kerangka-super jaringan. Dengan mendefinisikan suatu sistem jaringan sederhana yang umum, Internet Protocol Suite, konsep jaringan dapat dipisahkan dari pelaksanaan fisiknya. Ini penyebaran internetworking mulai terbentuk dalam gagasan jaringan global yang akan disebut Internet, berdasarkan protokol standar resmi dilaksanakan pada tahun 1982. Adopsi dan interkoneksi terjadi dengan cepat di seluruh jaringan telekomunikasi canggih di dunia barat, dan kemudian mulai untuk penetrasi ke seluruh dunia karena menjadi standar de-facto internasional untuk jaringan global. Namun demikian, perbedaan pertumbuhan antara negara maju dan negara-negara dunia ketiga menyebabkan kesenjangan digital yang masih memprihatinkan hari ini.

Setelah komersialisasi dan pengenalan tentang penyedia layanan Internet secara pribadi menjalankan layanan di tahun 1980-an, dan ekspansi Internet untuk keperluan populer di tahun 1990-an, Internet telah membawa dampak drastis pada budaya dan perdagangan. Ini termasuk meningkatnya komunikasi instan dekat melalui surat elektronik (e-mail), forum diskusi berbasis teks, dan World Wide Web. Spekulasi Investor di pasar baru disediakan oleh inovasi ini juga akan mengarah pada inflasi dan runtuhnya selanjutnya dari gelembung Dot-com. Namun, meskipun ini, internet terus berkembang, didorong oleh perdagangan, jumlah yang lebih besar dari informasi online dan pengetahuan dan jaringan sosial yang dikenal sebagai Web 2.0.

Tiga terminal dan ARPA
Artikel utama: RAND dan ARPANET

Pada 1950-an dan awal 1960-an, sebelum jaringan luas antar-yang mengarah ke Internet, jaringan komunikasi yang paling terbatas di bahwa mereka hanya diperbolehkan komunikasi antara stasiun pada jaringan. Beberapa jaringan telah gateway atau jembatan antara mereka, tetapi jembatan ini sering terbatas atau dibangun khusus untuk penggunaan tunggal. Salah satu metode jaringan komputer yang umum didasarkan pada metode mainframe pusat, cukup memungkinkan untuk menjadi terminal terhubung melalui leased line panjang. Metode ini digunakan pada 1950-an oleh Project RAND untuk mendukung peneliti seperti Herbert Simon, di Carnegie Mellon University di Pittsburgh, Pennsylvania, ketika berkolaborasi di seluruh benua dengan peneliti di Sullivan, Illinois, pada membuktikan teorema otomatis dan kecerdasan buatan.

Seorang perintis mendasar dalam panggilan untuk jaringan global, JCR Licklider, diartikulasikan ide-ide di tahun 1960 kertas nya Januari, Man-Komputer Simbiosis.

"Sebuah jaringan komputer [seperti], yang dihubungkan satu sama lain oleh [-band lebar jalur komunikasi yang disediakan] fungsi perpustakaan saat ini bersama dengan kemajuan diantisipasi dalam penyimpanan dan pengambilan informasi dan [fungsi lainnya simbiotik]."
-J.C.R. Licklider, [1]

Pada bulan Agustus, 1962, Licklider dan Welden Clark menerbitkan makalah "On-Line Man Computer Communication", salah satu deskripsi pertama jaringan masa depan.

Pada bulan Oktober, 1962, Licklider dipekerjakan oleh Jack Ruina sebagai Direktur baru didirikan IPTO dalam DARPA, dengan mandat untuk interkoneksi Amerika Serikat Departemen Pertahanan komputer utama di Gunung Cheyenne, Pentagon, dan SAC HQ. Di sana ia membentuk kelompok informal dalam DARPA untuk penelitian komputer lebih lanjut. Dia mulai dengan menuliskan memo menggambarkan jaringan didistribusikan ke staf IPTO, yang disebutnya "Anggota dan Afiliasi dari intergalaksi Jaringan Komputer". Sebagai bagian dari peran proses informasi kantor, tiga terminal jaringan telah dipasang: satu untuk Sistem Development Corporation di Santa Monica, satu untuk Proyek Genie di University of California, Berkeley dan satu untuk proyek Sistem Kompatibel Time-Sharing di Massachusetts Institute Teknologi (MIT). perlu Licklider's diidentifikasi untuk antar-jaringan akan dibuat jelas oleh limbah jelas sumber daya ini disebabkan.

"Untuk masing-masing tiga terminal, aku punya tiga set perintah pengguna yang berbeda Jadi jika saya sedang berbicara online dengan seseorang di SDC dan. Saya ingin berbicara dengan seseorang yang saya tahu di Berkeley atau MIT tentang ini, aku harus bangkit dari SDC terminal, ke sana dan login ke terminal lain dan berhubungan dengan mereka. [...]

Aku berkata, jelas apa yang harus dilakukan (Tapi aku tidak ingin melakukannya): Jika Anda memiliki tiga terminal, harus ada terminal yang berjalan di manapun Anda ingin pergi ke mana Anda telah komputasi interaktif. Itulah ide ARPAnet itu. "
-Robert W. Taylor, co-writer dengan Licklider dari "Komputer sebagai" Device Komunikasi, dalam sebuah wawancara dengan New York Times, [2]

Meskipun ia meninggalkan IPTO pada 1964, lima tahun sebelum ARPANET pergi hidup, itu adalah visinya tentang jaringan universal yang memberikan dorongan yang dipimpin penerusnya seperti Lawrence Roberts dan Robert Taylor untuk pengembangan lebih lanjut ARPANET. Licklider kemudian kembali ke memimpin IPTO pada tahun 1973 selama dua tahun.

Packet switching
Artikel utama: Packet switching

Di ujung masalah internetworking meletakkan isu menghubungkan jaringan fisik yang terpisah untuk membentuk satu jaringan logis. Selama tahun 1960-an, Paul Baran (RAND Corporation), menghasilkan penelitian jaringan surviveable bagi militer AS. Informasi yang dikirimkan melalui jaringan Baran itu akan dibagi ke dalam apa yang disebut 'pesan-blok. Mandiri, Donald Davies (National Physical Laboratory, UK), diusulkan dan dikembangkan jaringan yang sama berdasarkan apa yang ia sebut paket-switching, istilah yang pada akhirnya akan diadopsi. Leonard Kleinrock (MIT) mengembangkan teori matematika di balik teknologi ini. Paket-switching menyediakan utilisasi bandwidth yang lebih baik dan waktu respon dari teknologi circuit-switching tradisional yang digunakan untuk telepon, terutama pada link interkoneksi terbatas sumber daya. [4]

Packet switching adalah toko-dan-maju cepat desain jaringan yang membagi pesan hingga menjadi paket-paket sewenang-wenang, dengan routing keputusan yang dibuat per-paket. Awal jaringan digunakan pesan diaktifkan sistem yang diperlukan struktur routing kaku rentan terhadap titik tunggal kegagalan. Hal ini menyebabkan Paulus Baran's US penelitian Militer didanai untuk fokus pada menggunakan pesan-blok untuk memasukkan redundansi jaringan, [5] yang pada gilirannya menyebabkan legenda perkotaan luas bahwa Internet dirancang untuk menahan serangan nuklir

Jaringan yang mengarah ke Internet

ARPANET
Artikel utama: ARPANET
Len Kleinrock dan IMP pertama. [8]

Dipromosikan menjadi kepala kantor pengolahan informasi di DARPA, Robert Taylor dimaksudkan untuk mewujudkan ide-ide Licklider tentang sistem jaringan saling berhubungan. Membawa dalam Larry Roberts dari MIT, ia memulai sebuah proyek untuk membangun jaringan seperti itu. ARPANET link didirikan pertama antara University of California, Los Angeles dan Stanford Research Institute pada jam 22:30 pada tanggal 29 Oktober 1969. Pada tanggal 5 Desember, 1969 jaringan 4-node telah terhubung dengan menambahkan University of Utah dan University of California, Santa Barbara. Bangunan pada ide-ide yang dikembangkan dalam ALOHAnet, ARPANET tumbuh pesat. Pada 1981, jumlah host telah berkembang menjadi 213, dengan host baru yang ditambahkan kira-kira setiap dua puluh hari. [9] [10]

ARPANET menjadi inti teknis dari apa yang akan menjadi Internet, dan alat utama dalam mengembangkan teknologi digunakan. ARPANET pembangunan berpusat di sekitar Request for Comments (RFC) proses, masih digunakan sampai sekarang untuk mengusulkan dan mendistribusikan Internet Protokol dan Sistem. RFC 1, berjudul "Host Perangkat Lunak", ditulis oleh Steve Crocker dari University of California, Los Angeles, dan diumumkan pada tanggal 7 April 1969. Awal tahun ini didokumentasikan dalam film Jaringan Komputer 1972: para bentara Sumber Daya Berbagi.

kolaborasi Internasional ARPANET jarang datang. Untuk berbagai alasan politik, pengembang Eropa khawatir dengan mengembangkan jaringan X.25. pengecualian terkenal adalah Seismic Norwegia Array (NORSAR) pada tahun 1972, diikuti pada tahun 1973 oleh Swedia dengan link satelit ke Tanum Stasiun Bumi dan kelompok riset Peter Kirstein di Inggris, awalnya di Institut Ilmu Komputer, Universitas London dan kemudian di University College London.

dan akses publik
Artikel utama: X.25, sistem Papan pengumuman, dan FidoNet

Berdasarkan penelitian ARPA's, packet switching standar jaringan tersebut dikembangkan oleh International Telecommunication Union (ITU) dalam bentuk X.25 dan standar yang terkait. Sementara menggunakan packet switching, X.25 dibangun pada konsep virtual circuit meniru sambungan telepon tradisional. Pada tahun 1974, X.25 membentuk dasar untuk jaringan SERCnet antara Inggris dan lokasi penelitian akademis, yang kemudian menjadi Janet. Standar ITU awal X.25 disetujui pada Maret 1976. [12]

British Post Office, Western Union International dan Tymnet berkolaborasi untuk menciptakan paket switched jaringan internasional pertama, disebut sebagai International Packet Switched Service (IPSS), pada tahun 1978. Jaringan ini tumbuh dari Eropa dan Amerika Serikat untuk menutupi Kanada, Hong Kong dan Australia pada tahun 1981. Pada tahun 1990-an itu menyediakan infrastruktur jaringan di seluruh dunia. [13]

Tidak seperti ARPANET, X.25 pada umumnya tersedia untuk penggunaan bisnis. Telenet Telemail yang ditawarkan mail layanan elektronik, yang juga ditargetkan untuk menggunakan perusahaan daripada sistem email umum ARPANET tersebut.

Protokol TTY pertama publik dial-in jaringan digunakan asynchronous terminal untuk mencapai konsentrator dioperasikan di jaringan publik. Beberapa jaringan, seperti CompuServe, X.25 digunakan untuk multipleks sesi terminal ke tulang punggung mereka packet-switched, sementara yang lain, seperti Tymnet, digunakan protokol berpemilik. Pada tahun 1979, CompuServe menjadi layanan pertama yang menawarkan kemampuan surat elektronik dan dukungan teknis untuk pengguna komputer pribadi. Perusahaan pecah tanah baru lagi pada tahun 1980 sebagai yang pertama menawarkan real-time chatting dengan yang CB Simulator. Lain utama dalam jaringan dial-adalah America Online (AOL) dan Prodigy yang juga menyediakan komunikasi, konten, dan fitur hiburan. Banyak buletin board system (BBS) jaringan juga memberikan akses on-line, seperti FidoNet yang populer di antara pengguna komputer hobi, hacker banyak dari mereka dan operator radio amatir. [rujukan?]

UUCP
Artikel utama: UUCP dan Usenet

Pada tahun 1979, dua mahasiswa di Duke University, Tom Truscott dan Jim Ellis, muncul dengan ide untuk menggunakan Bourne shell script sederhana untuk mentransfer berita dan pesan pada baris serial dekat dengan Universitas North Carolina di Chapel Hill. Mengikuti rilis publik dari perangkat lunak, lubang host UUCP forwarding pada berita Usenet cepat berkembang. UUCPnet, karena nantinya akan bernama, juga menciptakan hubungan antara gateway dan FidoNet dan dial-up tuan rumah BBS. jaringan UUCP menyebar dengan cepat karena biaya yang lebih rendah yang terlibat, kemampuan untuk menggunakan leased line yang ada, link X.25 atau bahkan sambungan ARPANET, dan kurangnya kebijakan penggunaan ketat (organisasi komersial yang mungkin memberikan perbaikan bug) dibandingkan dengan jaringan kemudian seperti CSnet dan Bitnet. Semua menghubungkan orang lokal. Pada 1981 jumlah host UUCP telah berkembang menjadi 550, hampir dua kali lipat menjadi 940 pada tahun 1984. - Sublink Jaringan, beroperasi sejak 1987 dan resmi didirikan di Italia pada tahun 1989, berdasarkan kesalingterkaitan yang pada UUCP untuk mendistribusikan mail dan pesan kelompok berita seluruh node Italia nya (sekitar 100 pada saat itu) yang dimiliki baik oleh individu swasta dan perusahaan kecil. Jaringan Sublink mungkin mewakili salah satu contoh pertama dari teknologi internet menjadi kemajuan melalui difusi populer. [14]

NPL
Artikel utama: NPL dan DCN

Pada tahun 1965, Donald Davies dari National Physical Laboratory (Inggris) yang diusulkan jaringan data nasional berdasarkan packet-switching. Proposal tidak diambil di tingkat nasional namun pada tahun 1970 ia telah mendesain dan membangun jaringan paket-switched untuk memenuhi kebutuhan laboratorium multidisiplin dan membuktikan teknologi di bawah kondisi operasional [15] Pada tahun 1976 12 unit komputer dan 75 perangkat terminal yang terpasang dan. lebih yang ditambahkan hingga jaringan diganti pada tahun 1986.

Penggabungan kedua jaringan dan menciptakan Internet
TCP / IP
Artikel utama: Internet Protocol Suite
Peta TCP / IP pada jaringan uji Februari 1982

Dengan begitu banyak metode jaringan yang berbeda, sesuatu yang dibutuhkan untuk menyatukan mereka. Robert E. Kahn dari DARPA dan Vinton Cerf ARPANET direkrut dari Stanford University untuk bekerja dengan dia pada masalahnya. Pada tahun 1973, mereka segera bekerja di luar reformulasi mendasar, di mana perbedaan antara protokol jaringan yang tersembunyi dengan menggunakan protokol internetwork umum, dan bukan jaringan yang bertanggung jawab untuk keandalan, seperti dalam ARPANET, tuan rumah menjadi bertanggung jawab. Cerf kredit Hubert Zimmerman, Gerard LeLann dan Louis Pouzin (desainer jaringan Cyclades) dengan karya penting pada desain ini. [16]

Spesifikasi dari protokol yang dihasilkan, RFC 675 - Spesifikasi Internet Transmission Control Program, Vinton Cerf oleh, Yogen Dalal dan Carl Sunshine, Jaringan Kelompok Kerja, Desember,, 1974 dibuktikan berisi penggunaan pertama dari istilah internet, sebagai singkatan untuk internetworking ; RFC kemudian ulangi menggunakan ini, sehingga kata mulai keluar sebagai kata sifat bukan kata benda sekarang ini.

Dengan peran jaringan direduksi menjadi minimal, menjadi mungkin untuk bergabung dengan hampir semua jaringan bersama-sama, tidak peduli apa karakteristik mereka, sehingga pemecahan masalah awal Kahn. DARPA setuju untuk mendanai pengembangan perangkat lunak prototipe, dan setelah beberapa tahun kerja, demonstrasi agak kasar pertama sebuah gateway antara jaringan Radio Paket di daerah Teluk SF dan ARPANET dilakukan. Pada November 22, 1977 [17] jaringan tiga demonstrasi dilakukan termasuk ARPANET, Packet Radio Network dan jaringan satelit Atlantik Paket-semua disponsori oleh DARPA. Yang berasal dari spesifikasi TCP pertama pada tahun 1974, TCP / IP muncul pada tahun 1978 pertengahan hampir akhir dalam bentuk final. Pada 1981, standar terkait yang diterbitkan sebagai RFC 791, 792 dan 793 dan diadopsi untuk digunakan. DARPA disponsori atau mendorong pengembangan TCP / IP untuk implementasi sistem operasi banyak dan kemudian dijadwalkan migrasi dari semua host pada semua jaringan paket ke TCP / IP. Pada tanggal 1 Januari 1983, TCP / IP protokol menjadi protokol hanya disetujui pada ARPANET, menggantikan protokol NCP sebelumnya. [18]

ARPANET ke beberapa daerah federal jaringan luas: MILNET, NSI, dan NSFNet
Artikel utama: ARPANET dan NSFNet

Setelah ARPANET sudah bangun dan berjalan selama beberapa tahun, ARPA mencari lembaga lain untuk menyerahkan jaringan untuk; misi utama ARPA adalah dana penelitian dan pengembangan bermata, tidak menjalankan utilitas komunikasi. Akhirnya, pada bulan Juli 1975, jaringan telah diserahkan kepada Badan Pertahanan Komunikasi, juga merupakan bagian dari Departemen Pertahanan. Pada tahun 1983, bagian militer AS dari patah ARPANET sebagai jaringan terpisah, MILNET. MILNET kemudian menjadi NIPRNET unclassified tapi hanya militer, seiring dengan tingkat-RAHASIA SIPRNET dan JWICS untuk TOP RAHASIA dan di atas. NIPRNET tidak memiliki gateway keamanan dikontrol ke Internet umum.

Jaringan berdasarkan ARPANET yang didanai pemerintah dan karena itu dibatasi untuk penggunaan non-komersial seperti penelitian; penggunaan komersial yang tidak berhubungan adalah dilarang. Pembatasan ini awalnya koneksi ke situs militer dan universitas. Selama tahun 1980-an, hubungan diperluas ke institusi yang lebih pendidikan, dan bahkan semakin banyak perusahaan seperti Digital Equipment Corporation dan Hewlett-Packard, yang berpartisipasi dalam proyek-proyek penelitian atau memberikan jasa kepada mereka yang.
BBN Technologies TCP / IP internet peta awal 1986

Beberapa cabang lain dari pemerintah AS, dan National Aeronautics Space Agency (NASA), National Science Foundation (NSF), dan Departemen Energi (DOE) menjadi sangat terlibat dalam penelitian internet dan memulai pengembangan pengganti ARPANET. Pada pertengahan 1980-an, ketiga cabang mengembangkan Wide Area Network yang pertama berdasarkan pada TCP / IP. NASA mengembangkan Jaringan NASA, NSF dikembangkan CSNET dan berevolusi DOE Energi Jaringan Ilmu Pengetahuan atau ESNet.

Pada tahun 1984 NSF CSNET dikembangkan secara eksklusif berdasarkan pada TCP / IP. CSNET terhubung dengan ARPANET menggunakan TCP / IP, dan berlari TCP / IP over X.25, tetapi juga didukung departemen tanpa sambungan jaringan yang canggih, dengan menggunakan mail exchange otomatis dial-up. Ini tumbuh menjadi tulang punggung NSFNet, didirikan pada tahun 1986, dan dimaksudkan untuk menghubungkan dan menyediakan akses ke sejumlah pusat superkomputer yang didirikan oleh NSF. [19]

Transisi ke Internet

Internet "istilah" telah diterima dalam RFC pertama kali diterbitkan pada protokol TCP (RFC 675: [20] Internet Transmission Control Program, Desember 1974) sebagai singkatan dari istilah internetworking dan kedua istilah ini digunakan bergantian. Secara umum, internet, adalah jaringan yang menggunakan TCP / IP. Saat itu sekitar waktu ketika ARPANET adalah saling terkait dengan NSFNet di akhir 1980-an, bahwa istilah ini digunakan sebagai nama jaringan, Internet, [21] menjadi besar dan global TCP / IP jaringan.

Seiring dengan tumbuh tersebar luas jaringan dan aplikasi baru untuk itu dikembangkan, teknologi Internet tersebar di seluruh dunia. Pendekatan agnostik jaringan dalam TCP / IP berarti bahwa itu mudah untuk menggunakan infrastruktur jaringan yang ada, seperti jaringan X.25 IPSS, untuk membawa lalu lintas Internet. Pada tahun 1984, Universitas College London diganti link transatlantik satelit dengan TCP / IP over IPSS. [22]

Banyak situs tidak dapat link langsung ke Internet mulai untuk membuat gateway sederhana untuk memungkinkan transfer e-mail, pada saat aplikasi yang paling penting. Situs yang hanya memiliki koneksi intermiten digunakan UUCP atau FidoNet dan bergantung pada gateway antara jaringan dan Internet. Beberapa layanan gateway melampaui e-mail sederhana mengintip, seperti membolehkan akses ke situs FTP via UUCP atau e-mail.

Akhirnya, aspek yang tersisa Internet routing terpusat telah dihapus. Protokol routing EGP digantikan oleh protokol baru, Border Gateway Protocol (BGP), untuk memungkinkan pemindahan jaringan backbone Internet NSFNet. Pada tahun 1994, Classless Inter-Domain Routing diperkenalkan untuk mendukung konservasi yang lebih baik dari ruang alamat yang memungkinkan penggunaan route aggregation untuk mengurangi ukuran tabel routing. [23] Gambar di sisi kanan memperlihatkan sebuah sistem dibuat dengan bantuan perusahaan teknologi tinggi BBN.

TCP / IP menjadi seluruh dunia
CERN, Internet Eropa, link ke Pasifik dan sekitarnya

Antara tahun 1984 dan 1988 CERN mulai instalasi dan pengoperasian TCP / IP untuk interkoneksi sistem utama internal komputer, workstation, PC dan sistem kontrol akselerator. CERN terus mengoperasikan sistem CERNET terbatas internal yang dikembangkan sendiri dan beberapa yang tidak kompatibel (umumnya proprietary) protokol jaringan eksternal. Ada resistensi besar di Eropa lebih luas terhadap penggunaan TCP / IP dan / TCP IP intranet CERN tetap terisolasi dari Internet sampai 1989.

Pada tahun 1988 Daniel Karrenberg, dari Centrum Wiskunde & Informatica (CWI) di Amsterdam, mengunjungi Ben Segal, CERN TCP / IP Koordinator, mencari nasihat tentang transisi dari sisi Eropa Usenet jaringan UUCP (banyak yang berlari X.25 link) ke TCP / IP. Pada tahun 1987, Ben Segal telah bertemu dengan Len Bosack dari itu masih Cisco perusahaan kecil tentang pembelian beberapa TCP / IP router untuk CERN, dan mampu memberikan saran dan maju Karrenberg dia ke Cisco untuk perangkat keras yang sesuai. Ini diperluas bagian Eropa dari Internet di seluruh jaringan UUCP yang ada, dan pada tahun 1989 CERN membuka TCP pertama eksternal / koneksi IP. [24] ini bertepatan dengan penciptaan Réseaux IP Européens (RIPE), awalnya sekelompok administrator jaringan IP yang bertemu secara teratur untuk melaksanakan pekerjaan koordinasi bersama-sama. Kemudian, pada tahun 1992, RIPE secara resmi terdaftar sebagai koperasi di Amsterdam.

Pada saat yang sama dengan kebangkitan internetworking di Eropa, ad hoc untuk jaringan ARPA dan di-antara universitas-universitas Australia terbentuk, berdasarkan berbagai teknologi seperti X.25 dan UUCPNet. Ini adalah terbatas dalam hubungan mereka dengan jaringan global, karena biaya pembuatan UUCP internasional individu dial-up atau koneksi X.25. Pada tahun 1989, universitas-universitas Australia bergabung dengan mendorong ke arah menggunakan protokol IP untuk menyatukan jaringan infrastruktur mereka. AARNet dibentuk pada tahun 1989 oleh Wakil Rektor Australia-Komite dan menyediakan jaringan berbasis IP khusus untuk Australia.

Internet mulai menembus Asia pada akhir 1980-an. Jepang, yang telah membangun jaringan UUCP JUNET berbasis pada tahun 1984, terhubung ke NSFNet pada tahun 1989. Ini menjadi tuan rumah pertemuan tahunan Masyarakat Internet, INET'92, di Kobe. Singapura TechNet dikembangkan pada tahun 1990, dan Thailand mendapatkan koneksi internet global antara Chulalongkorn University dan UUNET pada tahun 1992. [25]

Digital membagi
Artikel utama: Digital membagi

Sementara negara-negara maju dengan teknologi infrastruktur yang bergabung dengan internet, negara-negara berkembang mulai mengalami kesenjangan digital memisahkan mereka dari Internet. Pada dasarnya secara kontinental, mereka sedang membangun organisasi untuk administrasi sumber daya internet dan berbagi pengalaman operasional, fasilitas transmisi karena semakin banyak masuk ke tempatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar