Minggu, 10 April 2011

web in society-privacy

Pretty Good Privacy (PGP)
PGP dapat digunakan untuk authentication, encryption, dan digital signature. PGP umum digunakan (de facto) di bidang eMail. PGP memiliki permasalahan hukum (law) dengan algoritma enkripsi yang digunakannya, sehingga ada dua sistem, yaitu sistem yang dapat digunakan di Amerika Serikat dan sistem untuk internasional (di luar Amerika Serikat). Implementasi dari PGP ada bermacam-macam, dan bahkan saat ini sudah ada implementasi dari GNU yang disebut GNU PrivacyGuard (GPG).


Privacy Enhanced Mail (PEM)
PEM merupakan standar pengamanan email yang diusulkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF).

Salah satu alasan saya enggan meminjamkan notebook selain aspek dokumen pribadi yang bersifat ‘Private & Confidential’, ialah saya memiliki pengalaman ada teman yang meminjam notebook saya, ia tanpa minta ijin memasang program yang potensial merusak setting yang sudah saya pasang (percayalah, mengatur ulang setting jaringan itu menyebalkan, terutama ketika port anda suka ngadat dan anda kudu mengisikan dialing number+password). Dan saya juga ada pengalaman ketika teman saya melanggar kode etik dengan mengakses dokumen-dokumen pribadi (bahkan mengecek ‘Recycle Bin’ saya) entah untuk tujuan apa. Tambahan lagi; saya tak pernah me-‘log-out’ akun-akun jejaring sosial di web browser. Yep, notebook is private thingy, with the same role as diary where I kept my secrecy.
Bagi saya, notebook menyerupai cellphone, dimana konten dalam drive-nya kurang-lebih sama dengan konten dalam inbox: pantang dikonsumsi orang lain. Dan saya masih enggak melihat adanya urgensi membikin akun tambahan khusus untuk ‘tamu’ atau orang-orang yang ingin meminjam notebook saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar